FLasholiX
  • BERANDA
  • ADOBE FLASH
  • ACTIONSCRIPT 3.0
  • DAFTAR
  • ABOUT
Home » Artikel Lama » Pengenalan Dasar Flash 8

Pengenalan Dasar Flash 8

Flash 8??

Flash merupakan software yang mampu menghasilkan file animasi dengan ukuran kecil. Hal ini terjadi karena Flash merupakan program animasi vektor, maksudnya dibuat dari sejumlah bentuk yang tersusun atas gambar dan warna. Selain lebih ekonomis ukuran file-nya, vektor mudah dibentuk dan digerakkan serta dapat ditampilkan bahkan dicetak dalam ukuran apapun.

Selain gambar dengan format vektor, Flash juga mampu menggabungkan teks, gambar bitmap, suara serta elemen interaktif ke dalam movie.
Flash memiliki kemampuan untuk menyederhanakan proses animasi melalui penggunaan frame kunci dan tweening. Maksudnya cukup dengan membuat titik awal dan akhir animasi, dan Flash akan mengerjakan tween di antaranya.



Film kartun yang sering kita tonton di televisi  pembuatannya menggunakan sebuah software komputer. Salah satu software tersebut yaitu adalah Flash. Kegunaan flash selain untuk membuat sebuah presentasi, aplikasi ini juga digunakan untuk membuat sebuah animasi.

Sebelum kita masuk ke contoh pembuatan sebuah animasi sederhana, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu (interface) tool-tool yang ada pada macromedia flash 8.

Pada tutorial ini saya menggunakan Flash 8. Flash 8 merupakan keluarga dari macromedia yang dipakai untuk pembuatan animasi.

Kita kenalan dulu dengan komponen yang ada di Flash 8. 

Komponen-komponen yang ada flash 8



1. Tools box : terletak pada bagian kiri tampilan window macromedia flash 8.

Tools yang digunakan untuk menggambar : 

Fungsi dari tools diatas yaitu :

Selection tool : untuk memilih dan memindahkan objek 
Free transform tool : untuk mentransformasikan objek secara bebas 
Line tool : untuk membuat garis 
Pen tool : untuk menggambar objek, menambah atau mengurangi titik-titik garis pada gambar 
Oval tool : untuk membuat lingkaran 
Pencil tool : untuk menggambar secara teratur 
Ink bottle tool : untuk mewarnai atau menambah warna outline sebuah objek 
Dropper tool : untuk mengambil warna suatu bidang gambar lain 
Subselect tool : untuk memodifikasi titik-titik pada gambar 
Fill transform tool : mentransformasi suatu fill objek 
Lasso tool : digunakan untuk memilh bagian suatu objek secara tidak teratur 
Text tool : untuk menambahkan tulisan 
rectangel tool : untuk membuat kotak
brush tool : untuk menggambar suatu objek dengan metode kuas 
paint bucket tool : untuk mengidentifikasi warna suatu objek 
eraser tool : untuk menghapus gambar

Tools untuk mewarnai:

Fungsinya :
Stroke color : untuk memilih warna yang akan digunakan untuk mewarnai bagian pinggir/tepi suatu objek 
Fill color : untuk memilih warna yang akan digunakan untuk mewarnai bagian dalam suatu objek 
Black and white : untuk mengotomatiskan pilihan warna black and white, black untuk stroke color dan white untuk fill color 
No color : untuk menonaktifkan warna pada fill color, objek yang dihasilkan akan transparan. 
Swap color : menukarkan stroke color menjadi fill color, atau sebaliknya.

2. Timeline : Tempat dimana kita mengatur dan mengendalikan movie yang kita buat

3. Properties : untuk mengatur property sebuah proyek yang dikerjakan

4. Colors window : untuk mengatur warna

5. Library : untuk menampung bahan-bahan bawaan dari flash, dan juga bahan-bahan dari luar aplikasi flash (di import).

6. Stage : tempat dimana kita bekerja dalam membuat animasi.


Mungkin itu saja pengenalan dasar untuk Interface dari Flash 8, untuk pengenalan dasar dalam menggambar, serta menganimasikan baca tutorial selanjutnya.
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
Ari_Larsson
9:57:00 PM

Artikel Menarik Lainnya:

Membuat Teks Dinamis (Dynamic Text)
Membuat Teks Dinamis (Dynamic Text)
Mengubah Teks ke Grafik (Text to Gr...
Mengubah Teks ke Grafik (Text to Gr...
Membuat Teks Masukan (Input Text)
Membuat Teks Masukan (Input Text)
Membuat teks statis (static text)
Membuat teks statis (static text)
Mengubah Lagu-lagu di Youtube menja...
Mengubah Lagu-lagu di Youtube menja...
Menggambar Spongebob Squarepants
Menggambar Spongebob Squarepants

2 komentar untuk "Pengenalan Dasar Flash 8"

  1. AnonymousDecember 14, 2011 at 8:52 PM

    trim's..,
    postingan anda telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. Ari LarssonDecember 23, 2011 at 7:32 AM

    sama-sama,
    trima kasih telah berkunjung

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Yang membuat blogger bertahan hidup adalah komentar anda, so leave a comment...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us on Facebook :

Menu

  • Artikel Lama
  • Actionscript 3.0
  • Adobe Flash
  • Algoritma
  • 21 Hari Belajar ActionScript 3.0
  • About
  • Animasi
  • Daftar
  • Efek
  • Gradient
  • Teks
  • Tips

Top 10

  • Fade In dan Fade Out
  • Menggambar Nobita
  • Menggambar Doraemon
  • Membuat Teks Dinamis (Dynamic Text)
  • Menggambar Son Goku
  • Manipulasi Nomor Pungung Kaos Bola
  • Menggabungkan Beberapa Gambar dengan Teknik Gradient
  • Layer Mask pada Flash
  • Bermain dengan Teks
Powered by Blogger.

Labels

  • 21 Hari Belajar ActionScript 3.0
  • About
  • Actionscript 3.0
  • Adobe Flash
  • Algoritma
  • Animasi
  • Artikel Lama
  • Daftar
  • Efek
  • Gradient
  • Teks
  • Tips

FlasholiX

Site Reference

Contact

Copyright 2015 FLasholiX - All Rights Reserved