FLasholiX
  • BERANDA
  • ADOBE FLASH
  • ACTIONSCRIPT 3.0
  • DAFTAR
  • ABOUT
Home » Artikel Lama » Manipulasi Nomor Pungung Kaos Bola

Manipulasi Nomor Pungung Kaos Bola

Banyak orang yang menggunakan sebuah image berupa kaos bola yang sudah dimodifikasi nama beserta nomor punggung sebagai photo profile di FB. Manipulasi itu biasanya dibuat lewat aplikasi Photoshop. aku ingin sedikit berbagi bagaimana cara aku memanipulasinya se-Real mungkin. berikut ini cara yang saya lakukan untuk manipulasinya :

  • Kita akan mengubah nomor punggung di kaos bola, karena kita mengeditnya di komputer, jadi gak butuh baju kaos asli, yang kita butuhkan adalah file image berekstensi jpg, bmp, ataupun ekstensi gambar lainnya. kita sedang berada di photoshop bukan di studio sablon, jadi pastikan bahwa anda sudah memiliki gambar referensi kaos bola yang akan diubah nama dan nomor punggungnya. 
  • Buka aplikasi photoshop
  • Pilih File > Open, cari file gambar tersebut. pada tutorial ini aku menggunakan gambar Kaka. 

  • pada Layers, klik kanan pada Background kemudian pilih duplicate layer. layers ada di pojok kanan bawah, bila tidak ada pilih menu Window, kemudian checklist pada pilihan Layers. 


  • jadi Background copy itu adalah layer baru sebagai tempat kita melakukan modifikasi. kenapa tidak langsung pada background? karena takut terjadi kesalahan, jadi misalnya modifikasi yang kita lakukan pada background copy salah, yhaaa tinggal di duplicate-kan lagi file aslinya. 
  • Nah, sekarang alat yang dibutuhkan. yang jelas kita membutuhkan ketelitian dan akurasi gerakan tangan. Di photoshop aku menggunakan tools clone stamp tolls (alat kloning stempel) . Tools itu fungsinya untuk menutup bagian gambar dengan cara menempelkan bagian objek yang ada pada bagian gambar lain yang sudah dikloning. 
  • langsung saja ke prakteknya, bahan sudah ada, alat sudah kenal. namun caranya belum tahu mungkin. begini caranya. pastikan bahwa kita sedang berada di layer 2 (background copy). 
  • Pilih Clone Stamp Tool, ada di toolbox. kemudian atur ukuran tool ini sesuai kebutuhan. klik kanan pada file kerja, pilih size-nya. 

  • Lingkaran itu adalah clone stamp tool, bila kamu tidak tahu cara menggunakannya, coba ditekan pada lembar kerja. maka akan muncul kotak dialog error seperti ini : 
  • Dari peringatan di atas, kita bisa tahu bagaimana cara menggunakan tools tersebut dengan benar. Klik dulu area pada gambar yang ingin kita kloning kan dengan cara menekan tombol Alt bersamaan dengan klik kiri pada bagian gambar yang ingin dikloning. akan tampak bahwa kursor berubah bentuk (+). 
  • Tujuan dari tool ini adalah menghilangkan tulisan nama dan nomor punggung pada kaos menjadi  kosong. dan pada akhirnya kita akan memasang nama dan nomor punggung baru menggunakan text tool. 
  • Lanjutkan lagi pekerjaannya, agar tampak realistis maksudnya tidak tampak rekayasanya, kloninglah bagian terdekat dari baju dengan nama dan nomor punggungnya.


  •  proses kloning sedang berlangsung, lanjutkan hingga kaos benar-benar bersih dari nama dan nomor. 


  • gimana? lumayan real gak? usahakan alur baju yang kusut akibat genggaman tangan Kaka tetap ada, beda halnya pada nomor tak ada alur baju yang kusut. jadi proses akan lebih mudah.
  • lanjutkan hingga baju benar-benar bersih. 
  • Aku rasa udah cukup bersih, dan sekarang saatnya bermain dengan huruf. tools yang digunakan adalah horizontal type tool. 



  •  Tambahkan 1 buah layer baru sebagai tempat dimana nomor kita letakkan. kita buat nomor dulu. sesuaikan jenis huruf dengan jenis huruf pada kaosnya Kaka sebelum kita hapus. saya rasa font yang cocok adalah "ITC Avant Garde Ghotic Demi" (:nama font yang aneh). ketikkan nomor kesenangan anda, kalo saya pilih "21". 
  • Sesuaikan ukuran Nomor dengan gambar sebelumnya. agar kita tahu sudah sesuaikah nomor tersebut, matikan/sembunyikan layer 2. caranya klik gambar mata disamping nama layer. 
sembunyikan layer 2 ('background copy'), klik gambar mata di sebelahnya.





  • Sesuaikan nomor baru dengan nomor lama. klik kanan pada nomor baru, pilih free transform. agar pembesaran tulisan proporsional, tekan shift+alt+drag mouse. lakukan sedikit rotasi, agar tulisan sedikit miring, caranya dekatkan kursor ke sudut point-point yang ada di sudut gambar, pada saat kursor berubah menjadi panah yang melengkung lakukan pergeseran... siip. 
  • karena terlalu jarang jarak antara angka 2 dengan 1, maka aku ingin membuatnya lebih dekat (:lebih dekat lebih baik). caranya aktifkan text, kemudian pilih "Toggle (:dibaca tugel bukan Togel)  the character and paragraph pallete" ada di menu bar. 



  • Ubah menjadi -100 pada pilihan yang lambangnya huruf A V bergaris panah dibawahnya. itu maksudnya adalah jarak spasi antar huruf. semakin besar angkanya semakin jarang hurufnya. 
  • sekarang, kamu sudah bisa mengaktifkan lagi layer 2 (background copy). 
  • Klik layer 3 (21), ubah opacitynya menjadi 85, sebenarnya bisa langsung pada saat mengetik 21 dan memilih warna text. namun saya lebih suka mengurangi kesolidan warnanya. 


  • selanjutnya, aku ingin membuat text tersebut sedikit miring (skew), caranya pilih menu Edit > Transform > skew. geser panah atas, samping kanan dan samping bawah. sehingga jadinya seperti ini :


  • Aku rasa sudah lumayan perfect. sekarang namanya. agak lebih rumit, karena harus menyesuaikan nama dengan alur bagian kusut baju tersebut. 
  • gunakan jenis huruf yang sama dengan nomor tadi. kemudian atur letaknya dan ukuran seperti gambar referensi. saya juga sudah men-skew tulisan larsson tersebut. jadinya seperti ini : 


  • semua sudah jadi, namun agar lebih bagusnya lagi, kita buat nama agak bergelombang, seolah-olah mengikuti alur baju. caranya pilih menu edit > transform > warp. 

  •  aku atur gelombangnya, jadi begini :

  • aku rasa udah selesai... lumayan lah hasilnya...



  • terakhir jangan lupa untuk menambahkan logo madrid di bagian nomornya, caranya Kloning aja bagian logo madrid tersebut yang ada pada file aslinya (background), kemudian tambahkan layer baru, dan letakkan hasil kloning tepat di angka 2 dan satu. hasil akhirnya begini :
  • ini juga hasil dari manipulasi lainnya :

  • Thank's For Reading!!, jangan lupa commenting :ngarap
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
Ari_Larsson
9:58:00 PM

Artikel Menarik Lainnya:

Membuat Aplikasi Perhitungan Sederh...
Membuat Aplikasi Perhitungan Sederh...
Men-costumize Workspace di Adobe Fl...
Men-costumize Workspace di Adobe Fl...
Fade In dan Fade Out
Fade In dan Fade Out
Menggambar Objek Pensil pada Flash
Menggambar Objek Pensil pada Flash
Layer Mask pada Flash
Layer Mask pada Flash
Photoshop
Photoshop

3 komentar untuk "Manipulasi Nomor Pungung Kaos Bola"

  1. UnknownAugust 15, 2013 at 8:14 AM

    di mana link nya tolol

    ReplyDelete
    Replies
    1. didit hackerOctober 1, 2013 at 3:09 PM

      pake photoshop tolol

      Delete
      Replies
        Reply
    2. Ari LarssonMay 22, 2015 at 9:37 AM

      Link apaan tolol? :D

      Delete
      Replies
        Reply
    3. Reply
Add comment
Load more...

Yang membuat blogger bertahan hidup adalah komentar anda, so leave a comment...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us on Facebook :

Menu

  • Artikel Lama
  • Actionscript 3.0
  • Adobe Flash
  • Algoritma
  • 21 Hari Belajar ActionScript 3.0
  • About
  • Animasi
  • Daftar
  • Efek
  • Gradient
  • Teks
  • Tips

Top 10

  • Fade In dan Fade Out
  • Menggambar Nobita
  • Menggambar Doraemon
  • Membuat Teks Dinamis (Dynamic Text)
  • Menggambar Son Goku
  • Manipulasi Nomor Pungung Kaos Bola
  • Menggabungkan Beberapa Gambar dengan Teknik Gradient
  • Layer Mask pada Flash
  • Bermain dengan Teks
Powered by Blogger.

Labels

  • 21 Hari Belajar ActionScript 3.0
  • About
  • Actionscript 3.0
  • Adobe Flash
  • Algoritma
  • Animasi
  • Artikel Lama
  • Daftar
  • Efek
  • Gradient
  • Teks
  • Tips

FlasholiX

Site Reference

Contact

Copyright 2015 FLasholiX - All Rights Reserved