Pada tulisan kali ini, akan menjelaskan bagaimana me-Load gambar secara external serta membuat gambar tersebut bisa di drag dan drop.
Langsung saja, sediakan sebuah gambar berformat .jpg (boleh juga dengan format lain seperti .bmp).
Jangan lupa untuk meletakkan gambar dalam folder yang sama dengan file .fla yang akan disimpan.
misalnya
Folder -> Latihan
-> loadgambar.fla
-> flash-icon.jpg
Kemudian, pada frame 1, klik kanan lalu pilih Action
Tambahkan script berikut ini :
1. Untuk menginisialisasi Loader yang berfungsi untuk menampung gambar yang sudah di-load
var loader:Loader = new Loader();
2. Url request digunakan untuk mengubah string menjadi alamat url
var request:URLRequest = new URLRequest("flash-icon.jpg");
3. Dilakukannya load
loader.load(request);
4. Membuat movieclip kosong
var movie=new MovieClip();
5. Menambah event MOUSE_DOWN, yaitu event ketika mouse diklik dan tahan
movie.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN, mulaiDrag);
6. Memasukkan loader ke dalam movie
movie.addChild(loader);
addChild(movie);
7. Menambah event onMouseUP, yaitu ketika klik mouse dilepas
movie.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, berhentiDrag);
8. Panggil function mulaiDrag
function mulaiDrag(e:MouseEvent)
{
e.currentTarget.startDrag(); }
9. Panggil function berhentiDrag
function berhentiDrag(e:MouseEvent)
{
e.currentTarget.startDrag(); }
Tampilan lengkap dari script tersebut :
10. Test Movie, CTRL+ENTER
Maka hasilnya, gambar akan diload, dan anda bisa men-Drag dan Drop gambar tersebut.
Semoga bermanfaat!