Flash memiliki kemampuan untuk menyederhanakan proses animasi melalui penggunaan frame kunci dan tweening. Maksudnya cukup dengan membuat titik awal dan akhir animasi, dan Flash akan mengerjakan tween di antaranya.
Film kartun yang sering kita tonton di televisi pembuatannya menggunakan sebuah software komputer. Salah satu software tersebut yaitu adalah Flash. Kegunaan flash selain untuk membuat sebuah presentasi, aplikasi ini juga digunakan untuk membuat sebuah animasi.
Sebelum kita masuk ke contoh pembuatan sebuah animasi sederhana, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu (interface) tool-tool yang ada pada macromedia flash 8.
Pada tutorial ini saya menggunakan Flash 8. Flash 8 merupakan keluarga dari macromedia yang dipakai untuk pembuatan animasi.
1. Tools box : terletak pada bagian kiri tampilan window macromedia flash 8.
Tools yang digunakan untuk menggambar :
Fungsi dari tools diatas yaitu :
Selection tool : untuk memilih dan memindahkan objek
Free transform tool : untuk mentransformasikan objek secara bebas
Line tool : untuk membuat garis
Pen tool : untuk menggambar objek, menambah atau mengurangi titik-titik garis pada gambar
Oval tool : untuk membuat lingkaran
Pencil tool : untuk menggambar secara teratur
Ink bottle tool : untuk mewarnai atau menambah warna outline sebuah objek
Dropper tool : untuk mengambil warna suatu bidang gambar lain
Subselect tool : untuk memodifikasi titik-titik pada gambar
Fill transform tool : mentransformasi suatu fill objek
Lasso tool : digunakan untuk memilh bagian suatu objek secara tidak teratur
Text tool : untuk menambahkan tulisan
rectangel tool : untuk membuat kotak
brush tool : untuk menggambar suatu objek dengan metode kuas
paint bucket tool : untuk mengidentifikasi warna suatu objek
eraser tool : untuk menghapus gambar
Tools untuk mewarnai:
Fungsinya :
Stroke color : untuk memilih warna yang akan digunakan untuk mewarnai bagian pinggir/tepi suatu objek
Fill color : untuk memilih warna yang akan digunakan untuk mewarnai bagian dalam suatu objek
Black and white : untuk mengotomatiskan pilihan warna black and white, black untuk stroke color dan white untuk fill color
No color : untuk menonaktifkan warna pada fill color, objek yang dihasilkan akan transparan.
Swap color : menukarkan stroke color menjadi fill color, atau sebaliknya.
2. Timeline : Tempat dimana kita mengatur dan mengendalikan movie yang kita buat
3. Properties : untuk mengatur property sebuah proyek yang dikerjakan
4. Colors window : untuk mengatur warna
5. Library : untuk menampung bahan-bahan bawaan dari flash, dan juga bahan-bahan dari luar aplikasi flash (di import).
6. Stage : tempat dimana kita bekerja dalam membuat animasi.
Mungkin itu saja pengenalan dasar untuk Interface dari Flash 8, untuk pengenalan dasar dalam menggambar, serta menganimasikan baca tutorial selanjutnya.