Ada beberapa tool pada flash yang dapat digunakan untuk menggambar suatu objek. Pencil tool, pen tool, line tool, brush tool, serta oval dan rectangle tool.
Berikut ini kita akan mencoba menggambar sebuah objek sederhana. Kita coba membuat sebuah gambar
keju. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:
Membuka aplikasi flash
1. Klik start, all program, macromedia, macromedia flash 8
2. Kemudian pada pilihan awal kita disuruh memilih bentuk document yang akan kita buat, pilih pada create new, flash document.
Membuat segitiga dengan line tool
1. Dalam animasi kartun, keju pada dasarnya sering dibuat dalam bentuk prisma, maka kita awali dengan membuat sebuah segitiga. Gunakan line tool, hubungkan sehingga menjadi seperti ini.
Membuat objek lingkaran dengan oval tool
1. Kemudian menggunakan oval tool, berikan beberapa buah oval pada bagian dalam segitiga.
2. Tekan SHIFT pada keyboard ketika melakukan drag pada saat membuat objek oval, agar bentuk lingkaran itu rapi.
Memberi warna menggunakan paint bucket tool
1. Pilih paint bucket tool pada tool box, kemudian Pilih warna kuning untuk mewarnai bagian dalam segitiga.
Kemudian pilih warna oranye, untuk mewarna bagian dalam lingkaran.
Menyeleksi bagian gambar
1. Pilih selection tool pada tool box, lalu drag/blok bagian segitiga tersebut, atau bisa dengan menekan CTRL+A.
Mengubah ukuran menggunakan free transform tool
1. Masih dalam keadaan terseleksi, pilih free transform tool
2. Tarik keatas pada point tersebut (yang ditunjuk gambar), caranya dengan mendekatkan kursor pada point tersebut, ketika kursor berubah menjadi tanda panah, tarik ke atas sehingga objek akan berubah ukuran.
Menggandakan garis
1. Klik selection tool, kemudian seleksi kedua garis miring pada segitiga tersebut, caranya pada tekan
SHIFT + klik pada dua garis tersebut.
2. Sesudah terseleksi, gandakan kedua garis tersebut ke bawah, caranya tekan
SHIFT+ALT+geser ke bawah.
Menghubungkan objek dengan line tool
1. Hubungkan garis baru tadi dengan objek sebelumnya menggunakan line tool, sehingga jadinya seperti ini:
Kemudian berikan objek lingkaran pada sisi yang baru, dan berikan warna seperti pada langkah yang telah kita lakukan sebelumnya, hasil akhirnya seperti berikut:
Ok sampai di sini, Thank's for reading...!!