FLasholiX
  • BERANDA
  • ADOBE FLASH
  • ACTIONSCRIPT 3.0
  • DAFTAR
  • ABOUT
Home » 21 Hari Belajar ActionScript 3.0 » Actionscript 3.0 » Tutorial ActionScript 3.0 - Loops (Hari Ke-5)

Tutorial ActionScript 3.0 - Loops (Hari Ke-5)

Misalkan, ada sebuah program yang mengharuskan kita untuk menampilkan kata bertuliskan “Saya Adalah Orang Yang Ganteng” sebanyak 10 baris, maka secara gampangnya kita akan menuliskannya code berikut pada panel Action:

var kata:String=”Saya Adalah Orang Yang Ganteng”;
trace(kata);
trace(kata);
trace(kata);
trace(kata);
trace(kata);
trace(kata);
trace(kata);
trace(kata);
trace(kata);
trace(kata);

Maka akan ditampilkanlah kata tersebut sebanyak 10 x. Melelahkan? saya rasa tidak, ada fasilitas CTRL+C pada windows, namun Efisienkah? saya rasa juga tidak, hal tersebut akan memperlambat kerja CPU, semakin banyak baris code, maka CPU akan bekerja semakin berat. Jadi? Programmer Bahasa Program sudah menyiasati dengan menciptakan sebuah fungsi yang berfungsi untuk melakukan perulangan, yang dinamakan dengan Loop.

Bagaimana caranya?

Menggunakan FOR

cara menggunakan loop tipe For adalah sebagai berikut
  • tentukan nilai awal sebuah variabel, misalkan i:uint=0. i nama variabel dengan tipe data bilangan bulat positif dan bernilai 0.
  • tentukan juga batas perulangan, misalkan ingin mengulang 10 x maka beri batasan dengan penulisan i<10.
  • trakhir, beri argumen bahwa perulangan ini berulang dengan penambahan nilai variabel tersebut 1, i++.

Dan beginilah coding perulangannya:
for(var i:uint=0;i<10;i++)
{
     trace(“saya adalah orang ganteng”);
}

maka pada output panel akan anda lihat seperti gambar di bawah ini:

Image 1


Menggunakan WHILE

Perbedaan kapan menggunakan FOR loop dan kapan menggunakan WHILE Loop adalah jika anda ingin melakukan perulangan secara rapi dan tersusun dari 1 hingga 10, maka gunakan FOR. dengan kata lain, FOR digunakan ketika anda sudah tahu kapan perulangan akan dihentikan. seperti contoh tadi, kita sudah tahu bahwa perulangan akan kita hentikan pada saat kalimat diulang sebanyak 10 x lalu berhenti. Nah, untuk WHILE loop, perulangan yang akan kita lakukan tidak kita ketahui kapan akan kita akhiri, tergantung pada kondisi yang kita berikan.

ok, langsung saja ke contohnya…

var angka:Number = Math.random();
while (angka < 0.5)
{
    trace(angka, "lebih kecil dari 0,5");
    angka = Math.random();
}

trace("angka adalah : ", angka);


Contoh di atas akan melakukan perulangan sampai angka yang diacak menghasilkan nilai lebih besar dari 0,5. jika sudah ketemu, maka perulangan dihentikan lalu akan ditampilkan angka yang ditemukan tersebut.
Math.random() mengacak angka dari 0-1 saja.

Semoga Bermanfaat! thanks for reading… :D
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
Ari Larsson
11:47:00 AM

Artikel Menarik Lainnya:

Membuat Program ActionScript Sederh...
Membuat Program ActionScript Sederh...
Membuat Program ActionScript Sederh...
Membuat Program ActionScript Sederh...
Membuat Program ActionScript Sederh...
Membuat Program ActionScript Sederh...
Runtunan
Runtunan
Load Gambar dan startDrag/stopDrag
Load Gambar dan startDrag/stopDrag
Pernyataan dan Aksi (Statement and ...
Pernyataan dan Aksi (Statement and ...

Belum ada komentar untuk "Tutorial ActionScript 3.0 - Loops (Hari Ke-5)"

Post a Comment

Yang membuat blogger bertahan hidup adalah komentar anda, so leave a comment...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us on Facebook :

Menu

  • Artikel Lama
  • Actionscript 3.0
  • Adobe Flash
  • Algoritma
  • 21 Hari Belajar ActionScript 3.0
  • About
  • Animasi
  • Daftar
  • Efek
  • Gradient
  • Teks
  • Tips

Top 10

  • Fade In dan Fade Out
  • Menggambar Nobita
  • Menggambar Doraemon
  • Membuat Teks Dinamis (Dynamic Text)
  • Menggambar Son Goku
  • Manipulasi Nomor Pungung Kaos Bola
  • Menggabungkan Beberapa Gambar dengan Teknik Gradient
  • Layer Mask pada Flash
  • Bermain dengan Teks
Powered by Blogger.

Labels

  • 21 Hari Belajar ActionScript 3.0
  • About
  • Actionscript 3.0
  • Adobe Flash
  • Algoritma
  • Animasi
  • Artikel Lama
  • Daftar
  • Efek
  • Gradient
  • Teks
  • Tips

FlasholiX

Site Reference

Contact

Copyright 2015 FLasholiX - All Rights Reserved