FLasholiX
  • BERANDA
  • ADOBE FLASH
  • ACTIONSCRIPT 3.0
  • DAFTAR
  • ABOUT
Home » Algoritma » Artikel Lama » Tipe Data

Tipe Data

Tipe data sangat erat hubungannya dengan variable, dimana ada variable disitu pasti ada tipe data. Setiap variable memiliki tipe data masing-masing sesuai kebutuhan programmer, ketika ingin membuat sebuah variable untuk menyimpan bilangan bulat, maka tipe data untuk variable tersebut adalah int (integer), atau juga ingin membuat sebuah variable yang isi didalamnya adalah sebuah kalimat atau teks maka variable tersebut bertipe data-kan String.
Namun bila pada pemberian tipe data salah, misalkan ingin membuat sebuah variable untuk mengontrol bilangan bulat, tetapi tipe data yang kita berikan adalah String, maka program tidak akan berjalan. Biasanya akan muncul pesan pada panel error seperti ini
“implicit coercion a value of type int to an unrelated type String”
Pesan tersebut akan muncul saat kita sudah memberikan nilai sebuah angka pada variable yg kita berikan tipe datanya string.
var myNumber : String;
myNumber = 9; // ini penyebab kesalahannya
karena 9 adalah bilangan bulat, bukan string. code di atas akan benar, apabila ditambahkan tanda petik pada angka 9, sehingga angka petik tersebut menjadi string.
Berikut ini penjelasan mengenai beberapa tipe data yang sering digunakan pada actionscript 3.0.
Tipe data
Penjelasan
Contoh Penulisan
Number
Tipe data Number (dengan penulisan huruf capital N), adalah tipe data untuk mendefinisikan nilai suatu data yang disimpan pada sebuah variable berupa bilangan/angka, baik itu bilangan bulat ataupun pecahan (decimal) var angka : Number = 6.5;
int
Tipe data int (tanpa huruf capital), adalah tipe data yang hampir sama dengan tipe data Number, namun untuk tipe data int, hanya bisa mendefinisikan nilai/angka bilangan bulat saja. var bilangan : int = 7;
atau
var bilangan : int = -10
uint
Unsigned Integer, adalah tipe data lanjutan dari tipe data int, bila int (integer) mampu mendeklarasikan semua bilangan bulat termasuk bilangan bulat negative ( - ), maka untuk uint, hanya bilangan bulat positif saja. var angkaKu : uint = 100;
Boolean
Tipe data Boolean (dengan capital B), adalah tipe data untuk menyatakan kebenaran (true) atau tidak benar (false). Bila pada bilangan biner dinyatakan dengan 0 dan 1, maka pada tipe Boolean dinyatakan dengan true dan false. var prima : Boolean = true;
String
String (dengan capital S), merupakan tipe data untuk mendefinisikan data-data berupa teks. Dan biasanya berupa karakter yang panjang, seperti nama orang, alamat, atau lain sebagainya var alamat : String = “Lhokseumawe”
Tabel Tipe Data
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
Ari Larsson
12:40:00 AM

Belum ada komentar untuk "Tipe Data"

Post a Comment

Yang membuat blogger bertahan hidup adalah komentar anda, so leave a comment...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us on Facebook :

Menu

  • Artikel Lama
  • Actionscript 3.0
  • Adobe Flash
  • Algoritma
  • 21 Hari Belajar ActionScript 3.0
  • About
  • Animasi
  • Daftar
  • Efek
  • Gradient
  • Teks
  • Tips

Top 10

  • Fade In dan Fade Out
  • Menggambar Nobita
  • Menggambar Doraemon
  • Membuat Teks Dinamis (Dynamic Text)
  • Menggambar Son Goku
  • Manipulasi Nomor Pungung Kaos Bola
  • Menggabungkan Beberapa Gambar dengan Teknik Gradient
  • Layer Mask pada Flash
  • Bermain dengan Teks
Powered by Blogger.

Labels

  • 21 Hari Belajar ActionScript 3.0
  • About
  • Actionscript 3.0
  • Adobe Flash
  • Algoritma
  • Animasi
  • Artikel Lama
  • Daftar
  • Efek
  • Gradient
  • Teks
  • Tips

FlasholiX

Site Reference

Contact

Copyright 2015 FLasholiX - All Rights Reserved