Game pingpong adalah game klasik. Sama seperti game pingpong pada kehidupan nyata. game ini bertujuan menahan bola yang bergerak akibat pantulan dari sebuah paddle (papan) dari para pemain. bila bola itu terlewati, tidak dapat dikembalikan, maka pemain tersebut dinyatakan kalah (poin pemain lawan bertambah).
Lalu, bagaimana sih membuatnya?
sebelumnya, mari kita kumpulkan data-data mengenai game ini.
1. Game ini dimainkan oleh 1 orang (1 player), sedangkan lawan mainnya adalah lawan yang bergerak otomatis dengan bantuan kecerdasan buatan (artificial intelegence).
2. Besarnya stage game ini adalah 400 px x 400 px untuk tinggi dan lebarnya.
3. input permainannya adalah menggunakan mouse, yaitu untuk pergerakan paddle (papan) yang berfungsi memantulkan bola ke arah sebaliknya.
4. pemain dinyatakan menang apabila berhasil duluan mencapai point 21.
kira-kira itulah data dari game Pingpong yang akan kita buat sekarang. so, Let get it started…
Ada 3 hal penting untuk awal pembuatan game ini, pergerakan bola, pergerakan papan, dan pantulan bola terhadap papan dan dinding (lebar stage).
Untuk itu pertama-tama kita akan membuat bola dan papan (paddle).
1. Aplikasi Adobe Flash sudah dibuka dan atur documentnya menjadi 400px X 400px.
2. Pada timeline, tambahkan 2 buah layer baru. layer “background” dan layer “bola”. sedangkan layer sebelumnya, beri nama “action”.
3. Pastikan sedang berada di layer background, buat sebuah kotak berwarna hijau (#33CC66) menggunakan rectangle tool. pastikan ukurannya sama besar dengan document (400px x 400px) dan letakkan pada stage hingga menutupi keseluruhan stage.
Stroke untuk gambar kotak hijau tersebut diperbesar menjadi 10.00
Kemudian pada stroke bagian atas dan bawah dihapus. jadi sisakan kotak dengan stroke pada kiri dan kanan, ini bertujuan agar terlihat seperti dinding. karena game ini memanfaatkan dinding sebagai media pantul selain papan pemain. karena papan pemain ada di bagian atas dan bawah, jadi stroke bagian atas dan bawah dihilangkan saja.
4. Select all (CTRL+A), saat semua gambar pada layer backgrund terseleksi, klik F8. tujuannya untuk menkonversikan gambar tersebut bertipe MovieClip. beri nama “BG_mc”.
Begitu juga pada instance name, beri nama “BG_mc”. instance name adalah nama yang membuat gambar ini dapat dihubungkan dengan Actionscript nantinya.
ketika di test movie (CTRL+ENTER) maka seperti gambar dibawah ini.
5. Lanjutkan untuk membuat bola. Pastikan sedang berada di layer “bola”, kemudian Gunakan Oval tool untuk membuat bola. kemudian convert to symbol (F8). beri nama “bola_mc”
beri nama pada instance namenya “bola_mc”.
6. Letakkan bola pada stage seperti posisi pada gambar berikut ini.
7. Setelah bola selesai, saatnya membuat papan. Buat “layer baru”, Beri nama “Papan Pemain”.
8. Buat sebuah objek, menggunakan “rectangle tool”, kemudian ubah menjadi movieclip dan beri nama “player_mc” pada name movieclip dan instance namenya.
Ok, sampai di sini dulu pembuatan perlengkapan game-nya, di bagian 2 akan kita coba untuk menulis code actionscriptnya. Semoga bermanfaat!