Ada kalanya kita perlu membuat sebuah kursor baru buatan sendiri, itu kita perlukan ketika membuat sebuah game. sebagai contoh, misalnya kita membuat sebuah game tembak menembak, maka otomatis kita ingin kursor kita berbentuk sebuah bidikan pistol atau senapan.
untuk itu sebagai latihan, kita akan mencoba membuatnya sendiri. ikuti langkah-langkah berikut ini :
Langkah 1 :
Buat sebuah gambar bidikan, menggunakn Oval tool dan Line tool dengan warna merah seperti ini :
Langkah 2 :
Ubah gambar tersebut menjadi MovieClip dengan menyeleksi gambar tersebut lalu tekan F8 dan pilih tipenya Movie Clip, lalu OK
Langkah 3 :
Jangan lupa memberikan nama instancenya pada instance name movie clip tersebut. (pada panel properties).
contoh kali ini saya beri nama "kursor_mc".
Langkah 4 :
Pada Timeline, tambahkan sebuah layer baru sebagai tempat kita mengisikan sebuah kode untuk menggerakkan kursor tersebut. beri nama "AS3".
Langkah 5 :
klik kanan pada frame1 layer AS3. pilih Action,
Kemudian ketikkan code berikut ini:
Mouse.hide();
stage.addEventListener(Event.ENTER_FRAME, moveCursor);
function moveCursor(event:Event) {
kursor_mc.x=mouseX;
kursor_mc.y=mouseY;
}
keterangan :
Mouse.hide(); = menyembunyikan mouse yang aktif
stage.addEventListener(Event.ENTER_FRAME, moveCursor); = modular yang diberikan pada stage. jadi setiap mouse memasuki stage, maka modular ini akan dijalankan untuk memanggil function.
function moveCursor(event:Event) = function ini yang dipanggil
kursor_mc.x=mouseX; = posisi x kursor mengikuti posisi x dari mouse.
kursor_mc.y=mouseY; = posisi y kursor mengikuti posisi y dari mouse.
Langkah 6 :
Langkah sudah selesai, namun agar lebih baik, coba klik dua kali kursor_mc kemudian geser gambar ke arah tengah (+). Agar titik tengah dari pergerakan kursor kita berada di tengah.
Langkah 7 :
Tekan CTRL+ENTER untuk melihat hasilnya.
Hasil akhir seperti ini gan...
That's Work Gan! Thanks For Reading... :D